Sabtu, 18 Desember 2010

Booting Linux Dengan Flashdisk

Bagi Anda-anda yang memiliki netbook atau mini laptop mungkin akan sedikit kerepotan jika ingin mencoba atau mencicipi salah satu dari distro-distro linux yang ada. Iya, repot karena netbook tidak memiliki pembaca cakram (DVD rom atupun cdrom), terlebih lagi jika Anda memang tidak memiliki pembaca cakram eksternal.

Nah salah satu solusi yang bisa kita lakukan adalah mencoba distro linux itu dengan flashdisk. Kita jadikan flashdisk kita sebagai live usb. Maksudnya adalah menjadikan flashdisk usb kita sebagai pengganti dari live cd atau live dvd.

Lalu, apakah susah untuk membuat live usb seperti ini? 
Jawabannya adalah tidak. Karena dengan bantuan aplikasi/software Unetbootin kita bisa membuat live usb tanpa kerepotan dan tidak perlu memformat, mempartisi flashdisk ataupun menghapus data yang sudah ada di flashdisk. Yang penting, flashdisk yang kita gunakan nanti mencukupi untuk besar ukuran file distro linux yang akan kita masukkan ke flashdisk sebagai live usb.

Untuk mendapatkan UNetbootin , silahkan Anda berkunjung ke halaman: http://unetbootin.sourceforge.net/

Anda di sana bisa mengunduh UNetbootin sesuai OS anda. Ada dua pilihan, Linux atau Windows.
Bagi Anda pengguna Ubuntu, Anda bisa menggunakan kode di bawah ini,

sudo apt-get install unetbootin
Atau bisa juga melalui Application >> Ubuntu Software Center, lalu ketikkan unetbootin pada kolom pencarian, dan silahkan diinstall. Tentunya ini membutuhkan koneksi internet.

Adapun untuk pemakaian maka sangat mudah sekali. Anda bisa merujuk kepada halaman download UNetbootin sebagaimana tersebut di atas. Di sana ada petunjuk bagi Anda untuk membuat live usb dengan mudah. Dan rasanya di sini tidak perlu dijelaskan lagi karena caranya sangat mudah dan lengkap dengan gambarnya.
 
Oh ya.. jangan lupa, untuk bisa booting dengan flashdisk, prioritas booting pada bios harus di seting untuk flashdisk dulu sebelum harddisk.

Silahkan langsung ke TKP...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar