Kamis, 22 Januari 2015

[Solved] shockwave flash crashed pada chromium browser

Suatu ketika setelah update ubuntu, saya membuka sebuah situs dengan chromium-browser yang menuntut penggunaan flash plugin, saya mendapatkan sebuah crash dengan peringatan, "shockwave flash has crashed".

Lalu saya browsing untuk solusinya, akhirnya saya mendapatkan di situs ini http://www.webupd8.org/2013/04/install-pepper-flash-player-for.html dan coba saya amalkan. Dan akhirnya saya pun berhasil menyelesaikan permasalahan itu.

Intinya, instal Pepper Flash untuk Chromium.
Caranya:

sudo add-apt-repository ppa:skunk/pepper-flash
sudo apt-get update
sudo apt-get install pepflashplugin-installer

Setelah itu, buka file /etc/chromium-browser/default dengan cara

sudo gedit /etc/chromium-browser/default

Lalu, tambahkanlah satu baris di akhir bagian dalam file itu, code:

. /usr/lib/pepflashplugin-installer/pepflashplayer.sh

(Jangan lupa titik dan spasi di awalnya)

Setelah itu restart chromium browsernya, dan alhamdulillah setelah itu tidak lagi terjadi crash.

NB: Saya menggunakan ubuntu 12.04, Precise 

Dan menurut informasi, untuk ubuntu 14.04, pepper flash ini sudah dimasukkan ke dalam repository ubuntu, sehingga lebih mudah, tinggal ketik:

sudo apt-get install pepperflashplugin-nonfree
sudo update-pepperflashplugin-nonfree --install

Cara Lain (Mungkin lebih mudah)

Silahkan lihat cara lain untuk menyelesaikan permasalahan ini di sini:
http://www.webupd8.org/2012/09/how-to-make-chromium-use-flash-player.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar